.

MARS PESANTREN

Youk perbanyak dengerin sholawat! Al Mahabbatain - Senandung Al Qur'an

Sabtu, 23 Juli 2011

LETAK GEOGRAFIS


Desa Sumberejo secara geografis terletak di perbatasan kota Lumajang dengan induk Kecamatan Sukodono. Didaerah ini terdapat instansi Pemerintah yaitu Kantor Bersama Samsat dan Kantor Departemen Agama walaupun keduanya berada pada batas wilayah Desa Sumberejo dengan Desa Kutorenon.
Desa Sumberejo merupakan desa yang cukup luas cakupannya dengan penduduknya yang dapat dengan jumlah ± 5992 jiwa. Desa ini mempunyai lima dusun yang terdiri dari : Dusun Sekarputih, Blimbing, Rejosari, Bubur, dan Klingsi dengan luas wilayah 346.090 meter.
Dusun Sekarputih Desa Sumberejo ini terdapat sebuah Lembaga Pendidikan Agama Islam yaitu Pondok Pesantren Miftahul Midad yang didirikan oleh KH. Anas Abdul Halim. Jarak di perempatan jalan di sebelah Masjid Al-Kautsar ke Pondok Pesantren Miftahul Midad sekitar 250 meter. Dari situ terlihat sebelas pepohonan yang menyelimuti pagar pesantren tersebut.
Pondok Pesantren Miftahul Midad mempunyai dua pintu gerbang yaitu pintu gerbang timur dan pintu gerbang sebelah barat. Pintu gerbang sebelah timur merupakan pintu masuk yang menuju langsung ke ndalem (rumah) pengasuh pesantren, pintunya terbuat daaari besi yang tertata rapi dan dimodifikasi dengan ukiran. Diatasnya ± 4,5 meter terdapat papan nama yang bertuliskan “Logo Pesantren   مؤسسة التربية الاسلامية والاجتمعية المعهد الاسلامية مفتاح المداد Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Pondok Pesantren Miftahul Midad : Jl. Musi No. 17 Po Box 152 Telp (0334) 884 267 Sumberejo, Sukodono Lumajang dan di sebelah timurnya ada sebuah ruang tunggu. Dan pintu gerbang barat merupakan pintu masuk yang menuju ke kantor MTs dan MA Miftahul Midad serta menuju asrama pesantren (Sunan Kali Jaga).
Dilingkungan Pesantren ini terdapat tiga gedung bertingkat. Ketiganya pada waktu pagi digunakan untuk sekolah MTs dan MA Miftahul Midad, pada malam hari dipergunakan untuk sekolah diniyah, pengajian kitab-kitab kuning dan takrar (mengulang kembali pelajaran yang sudah dipelajari atau belajar).
Sumber Data : Observasi PP. Miftahul Midad Sumberejo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar